Laman

Menu Utama

Jumat, 14 Juli 2017

BAHASA ASSEMBLY ( MODEL KOMPUTER DAN KOMPONENNYA)


 MODEL KOMPUTER DAN KOMPONENNYA

1.    Model Komputer



 

-          Sistem bus  menghubungkan dengan bermacam- macam komponen komputer
-          CPU merupakan jantung computer, hampir seluruh perhitungan dilakukan didalam CPU
-          RAM merupakan tempat dimana program di loading untuk di eksekusi

2.    CPU

CPU 8086, model ini mempunyai 8 general purpose register, dimana tiap register mempunyai namanya sendiri-sendiri:

     

·            AX – the accumulator register (dibagi menjadi AH/AL)
·            BX – the base address register (dibagi menjadi BH/BL)
·            CX – the count register (dibagi menjadi CH/CL)
·            DX – the data register (dibagi menjadi DH/DL)
·            SI – source index register
·            DI – destination index register
·            BP – base pointer
·            SP – stack pointer



General Purpose Register
Tujuan  utama  dari  register  adalah  untuk menyimpan angka(variable). Ukuran register diatas adalah 16 bit. Empat(4) general purpose register (AX, BX, CX, DX) dibuat dari dua 8 bit register yang terpisah, 

contoh jika AX=011000000111001b, maka AH=00110000b dan AL=00111001b
“H” berarti bagian high dan “L” berarti bagian low. Karen register berada dalam CPU, mereka lebih cepat dibandingkan dengan memory.

3. Segment Register
CS – menunjuk ke segmen program sekarang (current program).
DS – menunjuk segmen  dimana  variable didefinisikan.
ES – register   segmen   extra, tergantung programmer mendefinisikan penggunaannya
SS – menunjuk ke segmen stack.

Tujuan Segment Register adalah untuk menunjuk blok memori yang dapat diakses. Segment register bekerjasama dengan general purpose register untuk mengakses setiap nilai memory.

Contohnya, jika kita akan mengakses memori pada physical address 12345h(hexadecimal), kita perlu mengeset DS=1230h dan SI=0045h. Ini bagus karena dengan cara ini kita dapat mengakses lebih banyak memory daripada register tunggal yang terbatas pada nilai 16 bit.


4. Memory access
Untuk mengakses memory kita dapat menggunakan 4 register :
BX, SI, DI, BP. Register-register tersebut dapat dikombinasikan didalam simbol tanda kurung kotak [], dan didukung dengan mode pengalamatan (addressing modes) sebagai berikut:

Contoh, diasumsikan DS=100, BX=30, SI=70. Mode pengalamatannya adalah :
[BX + SI] + 25 yaitu dikalkulasi oleh processor ke physical address: 100 * 16 + 30 +70 + 25 =1725.
Cara mudah untuk mengatasi hal tersebut dengan mengingat rumus dibawah ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar